Edit Content

Koperasi Digital Unggul dalam Manajemen Keuangan dengan eKoperasi

Sistem pengelolaan yang mudah, detail, dan akurat menjadi sebuah aspek penting dalam pengelolaan keuangan koperasi. Pengelolaan simpanan dalam koperasi membutuhkan efisiensi yang sangat penting untuk menjaga ketepatan data laporan keuangan koperasi. 

Manajemen koperasi adalah suatu proses untuk mencapai tujuan melalui usaha bersama, berdasarkan azas kekeluargaan. Untuk mencapai tujuan perlu diperhatikan upaya sistem manajemen yang baik, agar tujuannya berhasil dengan diterapkannya fung-fungsi manajemen.

Sebagai badan usaha, koperasi membutuhkan manajemen yang baik agar tujuan koperasi tercapai dengan baik dan benar. Hal yang membedakan koperasi dengan badan usaha lainnya terletak pada unsur manajemen organisasi yang menggerakan operasional koperasi yaitu pengurus, pengawas, pengelola, dan anggota.

Koperasi, sebagai identitas ekonomi yang berbasis pada prinsip keanggotaan dan kebrsamaa, telah menjadi bagian integral dan struktur ekonomi di banyak negara. Namun, di era digital saat ini, koperasi perlu terus beradaptasi agar tetap relevan dan kompetitif. Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan mengadopsi teknologi digital dalam berbagai aspek operasional, termasuk manajemen keuangan.

Aplikasi eKoperasi menjadi sebuah solusi besar dalam memfasilitasi pengelolaan simpanan secara digital dan kekinian.  Fitur-fitur yang dihadirkan tentunya sudah sesuai dengan kebutuhan pokok Koperasi.

Transaksi Kas

Pada fitur Transaksi Kas meliputi fitur Pemasukan, Pengeluaran, Transfer. Menu Pemasukan berisi keuangan masuk pada koperasi, seperti modal awal, titip modal, simpanan anggota, simpanan pengurus. Menu Pengeluaran bisa meliputi pengeluaran operasional kantor, pembayaran kebutuhan rutin. Menu Transfer digunakan untuk memindahkan keuangan ke transaksi yang lain, ataupun untuk kebutuhan pembelian suatu barang.

Simpanan

Simpanan terdiri dari Simpanan Anggota dan Penarikan Simpanan. Pada menu Setoran Anggota, berisi setoran anggota koperasi yang terdiri dari Pengurus dan juga Anggota Koperasi yang melakukan setoran sesuai dengan jenis simpanan. Pada menu Penarikan Simpanan, menu ini digunakan untuk melakukan penarikan dari simpanan yang telah di setorkan kepada Koperasi.

Pinjaman
Fitur dari menu Pinjaman meliputi Data Pengajuan, Data Pinjaman, Bayar Angsuran, Pinjaman Lunas. Menu Data Pengajuan berisi data Anggota Koperasi yang ingin melakukan peminjaman pada koperasi yang nantinya perlu diberikan persetujuan oleh admin terlebih dahulu. Menu Data Pinjaman ini dikelola oleh Admin yang akan melakukan penginputan data untuk anggota yang akan melakukan peminjaman. Menu Bayar Angsuran ini menampilkan detail terkait dengan angsuran yang perlu dibayarkan oleh anggota koperasi. Menu Pelunasan Pinjaman berisi data anggota yang telah berhasil menyelesaikan pinjaman.

Laporan

Laporan merupakan hal yang penting dalam pengelolaan Koperasi. Laporan dibutuhkan untuk memantau aktivitas pengelolaan keuangan di koperasi. Pada menu laporan meliputi banyak sub menu, seperti, Data Anggota, Kas Anggot, Laporan Pemasukan, Laporan Pengeluaran, SHU dan beberapa menu pendukung lainnya.

Baca juga: Penerapan Sistem Digital Koperasi sebagai Upaya Modernisasi

Master Data
Pada Master Data berisi data-data penting dalam pengoprasian koperasi. Master Data meliputi penginputan Jenis Simpanan, Jenis Akun, Lama Angsuran, Data Anggota dan beberapa data lainnya yang dibutuhkan koperasi.

Setting

Menu Setting berisikan Identitas Koperasi dan Bagi Hasil. Identitas Koperasi diisi dengan Identitas Koperasi pengguna aplikasi eKoperasi. Menu Bagi Hasil merupakan menu yang berisi penerapan keuntungan, profit yang disesuaikan oleh Koperasi.

Tranformasi Digital dalam Koperasi

Transformasi digital telah membawa dampak yang nsignifikan pada berbagai sektor ekonomi, dan koperasi tidak tekecuali. Koperasi yang mengadopsi teknologi digital memiliki akses lebih baik terhadap data, efisiensi operasional yang meningkat, serta kemampuan untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada anggota mereka. Salah satu aspek yang paling terpengaruh oleh transformasi digital manajemen keuangan.

Tantangan dan Peluang 

Meskipun adanya eKoperasi menjanjikan banyak manfaat, ada bebreapa tantangan yang perlu diatasi. Salah satunya adalah keterbatasan akses terhadap teknologi di beberapa komunitas, yang dapat menghambatnya adopsi eKoperasi. Tapi jangan kahwatir, karena akan didampingi oleh CS yang senantiasa ada 24/7.

Adanya eKoperasi bukan hanya tentang meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga tentang meberdayakan anggota dan komunitas secara lebih luas. Dengan menghadirkan layanan keuangan yang lebih inlusif dan mudah diakses, eKoperasi dapat membantu memajukan tujuan koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan dapat dengan mudah mengelola koperasi dengan efisien.

Info menarik lainnya kunjungi ekoperasi.co.id

Ingin kelola manajemen koperasi secara online?

Hubungi Tim CS yang siap 24/7 +62 823-1145-9992

Coba demo-nya GRATIS

Berita Terkait

Manfaat Menjadi Anggota Koperasi Membangun Komunitas dan Keuangan yang Sehat
  • May 13, 2024

Manfaat Menjadi Anggota Koperasi: Membangun Komunitas dan Keuangan yang Sehat

Koperasi telah lama menjadi pilar dalam perekonomian global, memberikan...

author-avatar
Posted By MasterWebeKoperasi
  • May 6, 2024

Awas tertipu pinjol, Gabung ke Koperasi sekarang!

Maraknya pinjaman online (pinjol) belakangan ini dianggap menjadi solusi...

author-avatar
Posted By MasterWebeKoperasi
  • May 3, 2024

Koperasi Digital Unggul dalam Manajemen Keuangan dengan eKoperasi

Sistem pengelolaan yang mudah, detail, dan akurat menjadi sebuah...

author-avatar
Posted By MasterWebeKoperasi
Kenali Jenis Koperasi dan Temukan yang sesuai kebutuhan
  • April 30, 2024

Kenali Jenis Koperasi dan Temukan yang sesuai kebutuhan

Dalam pengembangan dunia bisni, muncul entitas ekonomi yang tidak...

author-avatar
Posted By MasterWebeKoperasi
Tim CS kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!