Edit Content

Manfaat Menjadi Anggota Koperasi: Membangun Komunitas dan Keuangan yang Sehat

Koperasi telah lama menjadi pilar dalam perekonomian global, memberikan solusi bagi berbagai kalangan apalagi untuk perekonomian menengah kebawah, Keanggotaan dalam koperasi tidak hanya tentang mendapatkan keuntungan finansial, tetapi juga tentang manfaat dalam membangun komunitas yang kuat dan berkelanjutan. 

Koperasi adalah suatu bentuk organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh anggotanya untuk memenuhi kebutuhan bersama mereka. Tujuan koperasi sendiri supaya bisa mencakup penyediaan barang atau layanan, pembelian bersama, pemberdayaan ekonomi anggota, dan lain-lain. Keuntungan yang diperoleh koperasi akan dibagikan kepada anggota nya sesuai dengan tingkat partisipasi mereka dalam koperasi. Ini bisa berupa dividen atau pengembalian dana kepada anggota berdasarkan transaksi mereka dengan koperasi.

Inilah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menjadi Anggota koperasi

Manfaat Koperasi Bagi Anggota

1. Alternatif Tempat Penyimpanan Uang Selain Bank

Selama ini, hanya bank yang terkenal sebagai lembaga penyimpanan uang. Padahal, ada alternatif lain dengan menabung melalui koperasi.

Menabung di koperasi mungkin terdengar kuno. Padahal, ada beberapa manfaat yang didapatkan dengan menabung di koperasi. Koperasi memberikan bunga yang lebih tinggi dibandingkan bank kepada anggota koperasinya. Lebih dari itu, koperasi juga dikenakan pajak yang lebih rendah. Hal inilah yang membuat koperasi bisa menjadi pilihan alternatif untuk investasi mudah, tentunya dengan bijak memilih koperasi yang terpercaya.

2. Kemudahan dalam Proses Meminjam Uang

Selain tempat untuk menyimpan uang, fungsi koperasi adalah memberikan pinjaman kepada anggotanya. Koperasi yang memberikan pinjaman kepada anggotanya ini disebut sebagai koperasi simpan pinjam. Berbeda dengan pinjaman di bank, koperasi memberikan berbagai kemudahan bagi anggotanya untuk mendapatkan pinjaman. Kamu hanya perlu mengajukan proposal peminjaman beserta identitas diri kepada pengurus koperasi, kemudian akan dibantu untuk proses selanjutnya. Proposal yang diisi nantinya digunakan untuk menjelaskan tujuan penggunaan dana pinjaman, misalnya untuk modal usaha. Pengurus koperasi kemudian akan memutuskan apakah pengajuan pinjaman disetujui atau tidak.

Baca juga: Kenali Jenis Koperasi dan Temukan yang sesuai kebutuhan

3. Barang yang Dijual di Koperasi Relatif Lebih Murah.

Koperasi juga menjual berbagai barang kebutuhan anggota dan masyarakat sekitar. Umumnya, barang-barang yang dijual tersebut memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga pasar. Kelebihan lainnya untuk anggota Koperasi, biasanya koperasi juga memberikan diskon khusus kepada anggota koperasi.Dengan keuntungan yang didapatkan tersebut, berbelanja di Koperasi tentunya akan membuatmu lebih berhemat. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan setiap tahun dari hasil penjualan barang-barang tersebut dalam bentuk sisa hasil usaha lho.


4. Mendapatkan Laba Usaha Setiap Tahun


Pada tiap tahunnya, setiap anggota akan menerima sisa hasil usaha (SHU).
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, sisa hasil usaha merupakan pendapatan Koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurangi dengan biaya, penyusutan, dan kewajiban lainnya termasuk pajak dalam tahun buku yang bersangkutan. Sebagai anggota koperasi, anggota berhak mendapatkan sisa hasil usaha ini. Ketentuan pembagian hasil usaha ini diatur sesuai dengan kesepakatan awal seluruh anggota melalui rapat anggota.

Baca juga: Koperasi Digital Unggul dalam Manajemen Keuangan dengan eKoperasi

5. Memperluas Jaringan Usaha


Anggota koperasi tidak hanya berperan sebagai konsumen, namun juga sebagai produsen. Untuk itu, koperasi mendorong anggotanya yang memiliki usaha untuk menjual produk usahanya melalui koperasi. Jika kamu memiliki usaha, kamu bisa menjual produk pada usaha melalui koperasi. Sehingga kamu, sebagai anggota juga terbantu dalam percepatan penjualan usahamu.Yang artinya, kamu akan mendapatkan pelanggan tidak hanya dari anggota koperasi, tetapi juga dari masyarakat yang berada di sekitar koperasi tersebut.

 

Info menarik lainnya kunjungi ekoperasi.co.id

Ingin kelola manajemen koperasi secara online?

Hubungi Tim CS yang siap 24/7 +62 823-1145-9992

Coba demo-nya GRATIS

demo.ekoperasi.co.id

Berita Terkait

Manfaat Menjadi Anggota Koperasi Membangun Komunitas dan Keuangan yang Sehat
  • May 13, 2024

Manfaat Menjadi Anggota Koperasi: Membangun Komunitas dan Keuangan yang Sehat

Koperasi telah lama menjadi pilar dalam perekonomian global, memberikan...

author-avatar
Posted By MasterWebeKoperasi
  • May 6, 2024

Awas tertipu pinjol, Gabung ke Koperasi sekarang!

Maraknya pinjaman online (pinjol) belakangan ini dianggap menjadi solusi...

author-avatar
Posted By MasterWebeKoperasi
  • May 3, 2024

Koperasi Digital Unggul dalam Manajemen Keuangan dengan eKoperasi

Sistem pengelolaan yang mudah, detail, dan akurat menjadi sebuah...

author-avatar
Posted By MasterWebeKoperasi
Kenali Jenis Koperasi dan Temukan yang sesuai kebutuhan
  • April 30, 2024

Kenali Jenis Koperasi dan Temukan yang sesuai kebutuhan

Dalam pengembangan dunia bisni, muncul entitas ekonomi yang tidak...

author-avatar
Posted By MasterWebeKoperasi
Tim CS kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!